PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID


PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID
PONTREN  CENDEKIA DLM NW
AIKLOMAK DESA TOYA KEC. AIKMEL


A.  Pendahuluan
Masjid merupakan sarana tempat ibadah pada Allah SWT dan sekaligus berfungsi sebagai pusat pendidikan, pembinaan dan pengembangan ummat dalam upaya meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Serta mempertebal ikatan ukhuwah Islamiyah. Oleh karena itu masjid tempat yang sangat suci dan mulia hendaknya terus menerus dipelihara keindahannya, kebersihannya, serta kenyamanannya sehingga dapat lebih meningkatkan kekhusu’an beribadah kepada Allah Swt, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SWT "barang siapa membangun masjid dengan mencari keridaan Allah Swt niscaya Allah  Swt. Membangunkan untuknya sebuah rumah di dalam syurga ".
Dusun Aiklomak merupaakn salah satu kekadusan di wilayah Desa Toya Kecamatan Aikmel mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Dusun ini saat ini telah menjadi tujuan sebagian masyarakat untuk berdomisili karena di tempat ini tersedia sumber air alam (mata air).  Dengan semakin banyaknya berdomisli di tempat tersebut, lebih-lebih dengan telah dimulainya pembangunan Pondok Pesantren Cendekia DLM (Darul Lutviyah Murni) Nahdlatul Wathan Aikmel yang berlokasi di Dusun Aiklomak maka keberadaan masjid yang sudah ada sudah tidak mampu lagi menampung jamaah yang melaksnakan sholat berjamaah, terutama saat sholat jumat. Untuk mengatasi permasalahan ini maka masyarakat Aiklomak bersama pimpinan Pondok Pesantren Cendekia DLM NW bersepakat untuk membangun sebuah masjid.
 Masjid yang  dibangun diberi nama dengan Masjid Cendekia Aiklomak Desa Toya Kec. Aikmel  Kabupaten Lombok Timur NTB  yang pembangunanya telah dimulai sejak bulan September  2014, dengan ukuran  23 x 27 M2, berlantai 2. Untuk mendukung rencana tersebut maka telah dibentuk panitia pembangunan yang langsung dikendalikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Cendekia DLM NW Aiklomak Aikmel Lombok Timur NTB.


B. TUJUAN
1.    Mewujudkan tempat ibadah yang lebih repressentatif, bersih, indah, dan nyaman guna meningkatkan kekhusyu'an beribadah kepada Allah Swt.
2.    Menambah daya tanpung jamaah sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jumlah dan santri setiap tahunnya;
3.    Meningkatkan fungsi dan peran masjid sebagai pusat pendidikan, pembinaan, dan pengembangan Ukhuwah Islamiyah
4.    Pembuatan sarana kemasjidan seperti ruang perkantoran, ruang perpustakaan masjid, dan tempat pengajian jamaah bersama santri, dan lain-lain

C. PELAKSANAAN
Rencana pelaksanaan pembangunan Masjid Cendekia Aiklomak akan dilaksanakan dalam 4 (empat)  tahap pembangunan yaitu:
1.  Tahap I, 2014-2015
-     Pembuatan pondasi dasar seluas 23 x 27 m2
2.  Tahap II, 2015 -2016
-  Pembuatan kolom-kolom pilar latai satu
-  Pengecoran lantai satu seluas 23 x 27 m2
-  Pembuatan tangga
-  Dan lain-lain
3.  Tahap III, 2017 - 2018
-     Pembuatan kolom-kolom pilar lantai dua
-     Pengecoran lantai dua seluas 23 x 27 m2
-     Pemasangan kramik lantai I
-     Pemasangan pembatas, dan lain-lain
(Rencana ini belum bisa telaksana karena masih belum ada anggaran dan belum ada donatur yang memberikan bantuan)


-  Tahap IV, ............
-  Pembuatan kubah dan Menara
-  Pembuatan gelung-gelung lantai II dan II
-  Finishing /pengecatan lantai II dan II
-  Dan lain-lain

D. PEMBIAYAAN
 Untuk melaksanakan pembangunan Masjid Cendekia Aiklomak Desa Toya Kec. Aikmel Lombok Timur NTB dibutuhkan biaya sebesar Rp 2.434.440.000,- (dua miliar empat ratus empat  puluh tiga juta empat empat ratus empat puluh ribu rupiah), dengan sumber  biaya sebagai berikut :
1.  Swadaya murni masyarakat dan santri dalam bentuk sumbangan/amal, zakat, dan infak sadaqah, baik dalam bentuk uang (materi) ataupun dalam bentuk-bentuk bahan bangunan;
2.  Bantuan darmawan/darmawati/donatur;
3.  Bantuan pemerintah atau badan-badan swasta non pemerintah;
4.  Usaha-usaha lain yang halal dan tidak mengikat.

E.     Kondisi Bangunan
Sejak bulan Juli 2016 lantai satu Masjid Cendekia telah dimanfaatkan oleh para santri dan masyarakat sekitar untuk sholat jumaat. Masjid ini telah menjadi pusat kegiatan para santri yang pada tahun 2018 ini telah berjumlah 316 orang. Para santri tersebut bersal dari seluruh kabupaten yang ada di pulau Lombok. Ada juga yang berasal dari kebupaten Sumbawa Barat, Sumbawa,  Dompu, Batam, Bali, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara. Kondisi bangunan lantai satu sudah 80 % selesai.




F.  PENGGUNAAN DANA BANTUAN
Dana bantuan sebesar Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) yang akan diperoleh dari donatur dermawan/dermawati (pertamina) akan  dipergunakan untuk pemasangan keramik lantai I dengan rincian sebagai berikut:
No
Nama barang
Satuan
volume
Harga total
1
Keramik
Rp. 75.000,-
621 kotak
Rp. 46.575.000,-
2
Semen
Rp. 57.000,-
60 sak
Rp. 3.420.000.-
Total

Rp. 49.995.000,-
Gambar lokasi pemasangan terlampir.

G. PENUTUP
Demikian proposal  pembangunan Masjid Cendekia Aiklomak  Desa Toya Kec. Aikmel Lombok Timur NTB ini kami susun dengan harapan respon positif dari semua pihak demi suksesnya pembangunan masjid tersebut. Atas bantuan dari semua pihak baik berupa moril maupun materil kami ucapakan bayak terima kasih dan semoga Allah SWT melimpahkan rizki, menguatkan iman dan taqwa kita, serta senantiasa berada dalam naungan dari ridho-Nya, Amin Yaa Robal Alamin.
Wallahul Muwafiqu Walhadi Ila Sabillirasyad

Ailomak, 25 Dzhulhijjah 1439 H./06 September  2018 M.
PONDOK PESANTREN CENDEKIA DLM NW
AIKLOMAK-AIKMEL
(Panitia Pembangunan)
Mudir,


Dr.H.M. Mugni Sn.,M.Pd.,M.kom.


0 Response to "PROPOSAL PEMBANGUNAN MASJID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel