VISI, MISI, TUJUAN, MOTTO DAN PROGRAM

VISI, MISI, TUJUAN, MOTTO DAN PROGRAM
 
Visi
Cendekia adalah visi pondok pesantren ini. Cendekia : Cerdas, Ekonomis, Nasional, Demokratis, Kreatif, Indah, dan Amanah.

Cerdas : Semua anak dilahirkan dalam kondisi yang sama, “suci-putih bersih”. Ini berarti bahwa semua anak adalah cerdas. Tugas lingkunganlah yang akan mengembangkan kecerdasannya itu. Cendekia akan menggali potensi kecerdasan santrinya untuk dikembangkan secara maksimal. Ada anak yang cerdas kepalanya. Ada anak yang cerdas suaranya. Ada anak yang cerdas tangannya. Ada anak yang cedas kakinya. Ada anak yang cedas kaki dan tangannya. Ada anak yang cedas badannya, dan seterusnya. Cendekia akan mengembangkan kecerdasan-kecedasan tersebut. Cendekia berprinsip, semua anak cerdas.


Ekonomis : Potensi/fasilitas yang ada di Cendekia harus memberikan nilai ekonomis. Tiap potensi  diharapkan memberikan nilai ganda. Untuk itu semua didesain dengan multi fungsi dan memanfaatkan potensi alam. Banguna/ruang kelas didesain multi fungsi dan keluar dari pakem selama ini. Kelas di atas kolam karena di sini banyak air dan kontur tanah lokasi memnag tidak rata. Jadi membuat kolam tanpa harus mengali. Kelas juga langsung jadi tempat sholat (musholla) dan tempat istirahat (tidur) makanya anak-anak belajar sekolah formal dengan bersila dengan menggunakan meja kecil. Ini di antara fakta keekonomisan di Cendekia, dan seterusnya.

Nasionalis : Cendekia memang Pesantren Nahdlatul Wathan tetapi untuk semua umat Islam. Tidak dibedakan asal organisasinya dan alirannya asal mau belaja dan mereka akan dididik dengan tradisi Nahdlatul Wathan. Bila telah selesai di Cendekia, silahkan lajutkan dan kembangkan organisasinya dan aliran keagamaannya.

Demokratis :  Suasana kebersamaan harus terus dibangun. Semua hal harus diputuskan bersama. Menghargai  ide/pendapat semua pihak yang berpaartisipasi di Cendekia. Santri, pengasuh, dan dewan guru harus terus mengembagkan nilai-nilai demokrasi untuk keunggulan santri dan kemajuan pesantren.  

Kreatif : Semua komponen di pondok harus bergerak sesuai dengan posisi masing-masing. Pada posisi itu terikat tugas, tanggung jawab, dan wewenag. Untuk maksimal mewujudkan semua itu maka kreatifitas sangat penting. Setiap komponen diberikan kebebasan untuk berkreatifitas namun tetap dalam koridor tradisi pesantren. 
Indah : Indah adalah relatif. Tetapi salah satu motto Cendekia adalah bersekolah, berwirausaha, dan berwisata. Berwisata : mencari sesuatu yang indah, sesuatu yang damai, sesuatu yang langka, dan sterusnya. Di Cendekia dapat ditemukan potensi wisata alam, wisata budaya, dan wisata relegi. 

Amanah : Cendekia adalah amanah dari keluarga dan umat. Untuk itu harus dijalankan dengan baik untuk terus berkembang untuk mencetak generasi Islam yang berilmu dan berbudi tinggi serta siap bersaing di era global.

Misi
Menyelenggarakan pembelajaran A-Qur’an kepada semua santri;
Melahirkan santri yang fasih membaca Al-Qu’an;
Melahairkan hafiz Al-Qur’an
Menyelenggarakan pemeblajarn kitab kuning
Melahirkan santri yang menguasai dasar-dasar dalam memahami kitab kuning;
Menyiapkan faslitas paraktik ibadah
Menyelenggarakan parakti semua ibadah
Menyelenggarakan peringatan hari-hari besar Islam, nasional, organisasi, dan pondok
Membina semngat juang dan berlomba/bertanding para santri;
10. Menyelenggarakan pendidikan non formal dan formal dari jenjang pendidikan usia dini sampai dengaan perguruan tinggi;
11. Menyelenggarakan penelitian dan kajian keilmuan secara integratif;
12. Menyelenggarakan pembinaan umat melalui kajian-kajian dan dakwah Islamiyah;
13. Meningkatkan kesejahteraan umat melaui kegiatan agrobisnis, agrowisata, dan sosial ekonomi;
14. Menyelenggarakan usaha-suaha bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat;
Tujuan
mencetak santri yang fasih membaca Al-Qur’an;
Mencetak santri aktif melaksanakan alamaliyah-amaliyah; keagamaan;
Mencetak santri yang siap melaksanakan tugas-tugas keagamaan di tengah-tengah masyarakat;
Mencetak santri yang berjiwa siap berkompetisi;
Mencetak santri yang siap memasuki pasar kerja global;
6. Mewujudkan lembaga pendidikan formal dan non formal yang berkualitas sehingga menjadi tujuan generasi muda muslim menuntut ilmu;
7. Mewujudkan penelitian dan kajian-kajian yang bermutu untuk kepentingan umat;
8.  Mewujudkan pembinaan umat untuk meningkatak  solidaritas dan ukhuwah islamiyah;
9. Mewujudkan partisipasi santri dan masyarakat dalam kegiatan agrobisnis, agrowisata, dan sosial ekonomi;
10. Mewujudkan usaha dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan santri dan masyarakat;
Motto
Moto Pondok Pesantren Cendekia :
Allahu akbar
Learning as a livelihood
Santuan –kreatif- mandiri
Will be the best of the best
Moto ini selalu didengungkan oleh santri Cendekia pada setiap kesempatan. Motto ini diharapkan menjadi motivasi bagi  seluruh warga Pondok Pesantren Cendekia DLM NW.  Pada sambutan/pidato mudir saat ada acara-acara di Cendekia akan diawali dengan menggeloarakan mota tersebut. Mudir akan menggumandangkan  kata Cendekia sebanyak 4 kali dan pada setiap antaranya akan dijawab oleh santri Cendekia dengan Motto tersebut. Cendekia......Cendekia.....Cendekia......Cendekia....... Para santri akan menjawanya dengan Allahu Akbar, learnig as a livelihood, santun kreatif mandiri, will be the best of the best. Dalam motto ini terkandung makna bahwa seluruh warga Cendekia harus yakin bahwa Allah Maha Besar, Allah Maha Kuasa, Allah  Maha Kasih Sayang, dan seterusnya. Tidak ada  hal yang mustahil kalau Allah menghendaki. Tersulah berharap, teruslah bermohon, teruslah bermimpi, teruslah berikhtiar, teruslah bercita-cita untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Tidak perlu risau dengan sikap dan perilaku makhluk. Allah tidak pernah pilih kasih. Siapa yang beramal bailk maka merekalah yang terbaik, dan sterusnya. Warga cendekia harus menyadari bahwa hidup ini untuk belajar dan kita belajar untuk meraih kehidupn baik di dunia maupun di akhirat. Warga Cendekia harus menjadi orang-orang yang santun, orang yang berakhlak mulia. Warga Cendekia harus kreatif, harus inovatif, harus berani mencoba, harus berani salah, harus berani berbeda dengan orang lain untuk kebaikan. Warga Cendekia harus mandiri. Tidak tergantung dengan orang lain tetapi kalau orang lain mau membantu harus diterima dengan senang hati. Warga Cendekia tidak boleh malu melakukan kebaikan sekalipun remeh dan mungkin hina di mata orang. Warga Cendekia harus punya semangat, harus punya cita-cita dan ambisi untuk menjadi yang terbaik di segala hal.  Di samping itu, Cendekia juga punya motto “Bersekolah, Berwirausaha-Berwisata”.  Santri Cendikia mengikuti sekolah formal. Santri Cendekia diajak/dilatih utuk bekerja. Santri Cendekia juga berwisata karena lokasi Cendekia tersedia obyek wisata alam, wisata budaya, dan wisata relegi (keagamaan).
Program
Melengkapi sarana prasarana;
Meningkatkan kualitas pengasuh dan dewan guru;
Meningkatkan kuantitas dan kualitas santri;
Mendirikan sekolah formal dan lembaga-lembaga pendukung pondok pesantren;
Meningkatkan kualitas pembinaan santri;
Menyertakan santri pada berbagai perlombaan dan pertandingan;
Melaksanakan peringatan-peringatan hari besar Islam;
Melaksanakan praktik pengabdian santri (PPS)
Mengusahakan santri bisa masuk di perguruan tinggi negeri dan meraih beasiswa;
Mendirikan perguruan tinggi minimal dalam bentuk politeknik

0 Response to "VISI, MISI, TUJUAN, MOTTO DAN PROGRAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel