PONDOK PESANTREN CENDEKIA DARUL LUTVIYAH MURNI (DLM) NW AIKLOMAK-AIKMEL






Pondok Pesantren Cendekia DLM (Darul Lutfiyah Murni) NW Aikmel didirikian pada tanggal 17 Sya’ban 1434 H./26 Juni 2013. Pendirian pondok pesantren ini dimotivasi oleh kondisi pondok pesantren yang ada di Pulau Lombok. Jumlah pondok pesantren yang sangat banyak tetapi sangat sedikit yang memenuhi persyaratan sebagai pondok pesantren. Dalam banyak buku tentang pondok pesantren dijelaskan bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terintegrasi empat elemen, yakni kiayi (Jawa)/tuan guru (Lombok), santri, asrama, dan masjid. Adanya lembaga pendidikan formal dan usaha-usaha lain merupakan usaha untuk mengembangkan pondok pesantren.

Fakta yang terjadi di Lombok, banyak pondok pesantren hanya memiliki lembaga pendidikan formal, tidak ada kiyai, tidak ada masjid, dan tidak ada asrama. Tetapi hal ini terus berlanjut karena mendapat dukungan dari instansi terkait. Di sampaing itu, di Pulau Lombok masih belum kelihatan pondok pesantren yang memanfaatkan potensi-potensi lingkungan untuk menjadi sumber pendapatan untuk kemajuan pondok pesantren. Kebanyakan pondok-pondok pesantren hidup karena dukungan dana dari santri dan masyaratak (sumbangan/amal).
Dari fakta-fakta ini maka beberapa alumni Pondok Pesasantren Nahdlatul Wathan yang melanjutkan ke perguruan tinggi berkeinginan untuk mengintegrasikan hakikat pondok pesantren yang juga mengelola lembaga pendidkan formal dan berbasis agrobisnis. Beberapa jenis agrobisnis akan diupayakan yang berbsis pada agrobisnis perikanan dan peternakan. Oleh karena itu, lokasi pembanguan pondok pesantren harus pada daerah/wilayah yang banyak air/sarana irigasi mendukung. Untuk mewujudkan rencan-rencana tersebut maka didirikanlah Pondok Pesantren Cendekia DLM (Darul Lutviyah Murni) NW Aikmel Lombok Timur. Alhamdulillah, pada bulan Mei 2013, Pondok Pesantren Cendekia DLM (Darul Lutviyah Murni) NW Aikmel telah dapat membebaskan tanah seluas 25 are dan pada bulan Juli 46 are yang berlokasi di Dusun Aiklomok Desa Toya Kecamatan Aikmel. Lokasi tersebut berada di dekat Mata Air Aikbakang, Mata Air Umalan Rengget dan Mata Air Aiklomak. Dengan adanya sumber mata air tersebut maka rencana untuk menjadikan pondok pesantren yang berbasis agrobinis perikanan air tawar akan dapat terwujud. 

0 Response to " PONDOK PESANTREN CENDEKIA DARUL LUTVIYAH MURNI (DLM) NW AIKLOMAK-AIKMEL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel